Cara Membuat NPWP Online Lengkap Dengan Persyaratannya - Carague.info

Selasa, 28 September 2021

Cara Membuat NPWP Online Lengkap Dengan Persyaratannya

Berikut ini adalah langkah lengkap untuk membuat NPWP secara online maupun offline, serta dengan semua persyaratan yang akan diperlukan.

Cara Membuat NPWP Online sebenarnya dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu dengan mendatangi langsung kantor wajib pajak dan secara online. Kedua cara tersebut dapat dilakukan siapa saja bagi mereka yang ingin membuat dokumen atau kartu NPWP.

Selain itu, bagi mereka penduduk negara asing yang tinggal di Indonesia wajib memiliki kartu izin tinggal tetap atau biasa yang dikenal dengan KITAP. KITAP inilah yang menjadi persyaratan yang harus dipenuhi oleh warga asing yang ingin membuat NPWP.

Bagi setiap orang yang telah memiliki penghasilan bulanan yang tetap dan telah bekerja di perusahaan, maka ia harus mempunyai NPWP ini. Karena NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak yang wajib dimiliki oleh seseorang yang ingin membayar pajak.

Untuk bisa membuat nomor pajak NPWP, seseorang harus menyiapkan beberapa dokumen seperti KITAS atau kartu izin. Setelah semua berkas persyaratan sudah terpenuhi semuanya, maka ia bisa melakukan pembuatan NPWP secara online ataupun datang langsung ke kantor perpajakan.

Tentu saja, kedua hal tersebut bebas dipilih bagi mereka yang ingin membuatnya. Jika kamu tidak memiliki waktu senggang untuk datang ke kantor pajak, maka kamu bisa menggunakan cara online. Sedangkan, jika kamu lebih menyukai cara offline, maka kamu bisa datang langsung ke kantor pajak yang terdekat di wilayah kalian masing-masing.

Persyaratan Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak NPWP

Untuk membuat NPWP baik secara online maupun offline terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yaitu dengan memiliki kartu izin tinggal. Sebab, jika salah satu persyaratan ada yang kurang, maka untuk proses pembuatan NPWP ini tidak dapat dilanjutkan.

Untuk mengetahui semua syarat tersebut, kamu bisa melihatnya melalui daftar di bawah ini.

  1. Wajib pajak orang pribadi yang tidak memiliki pekerjaan atau usaha.
    1. Fotokopi KTP bagi warga negara Indonesia.
    2. Fotokopi Paspor, Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) bagi warga negara asing.
  2. Wajib pajak orang pribadi yang menjalankan pekerjaan atau usaha.
    1. Fotokopi kartu tanda penduduk bagi warga negara Indonesia.
    2. Fotokopi Paspor, Fotokopi KITAS atau KITAP bagi masyarakat negara asing yang menjalankan usaha atau pekerjaan.
    3. Fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh instansi terkait atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas.
  3. Untuk wajib pajak orang pribadi wanita kawin yang dikenal dengan pajak secara terpisah sebab menghendaki secara tertulis berdasarkan perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau wanita kawin yang memilih melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya secara terpisah. Selain itu, permohonannya juga harus dilampirkan beberapa dokumen lainnya seperti:
    1. Fotokopi Kartu NPWP Suami.
    2. Fotokopi Kartu Keluarga.
    3. Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan atau surat pernyataan menghendaki melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.

Nah, itulah beberapa persyaratan yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum memulai membuat NPWP secara offline maupun online.

Cara Membuat NPWP Secara Online

Bagi teman-teman yang ingin membuat Nomor Pokok Wajib Pajak secara online, maka kamu bisa melihatnya melalui langkah-langkah di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengunjungi Halaman Pendaftaran NPWP Online terlebih dahulu.
  2. Setelah berhasil terbuka, kemudian pilih menu daftar.
  3. Kemudian masukkan alamat email yang ingin digunakan dan jangan lupa untuk membuat passwordnya juga.
  4. Maka selanjutnya kamu akan diminta untuk memverifikasi akun. Silahkan kamu verifikasi terlebih dahulu melalui kode yang telah dikirimkan melalui alamat email yang tadi didaftarkan.
  5. Jika kamu sudah selesai aktivasi, maka langkah selanjutnya adalah dengan login kembali ke sistem e-registration dengan menggunakan alamat email dan password yang tadi telah kamu buat.
  6. Maka kemudian kamu akan diarahkan ke halaman formulir pendaftaran. Pada halaman tersebut, silahkan kamu isi sesuai data diri kalian masing-masing dengan benar.
  7. Selanjutnya tinggal kamu ikuti saja setiap perintah yang telah diberikan.
  8. Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap, kemudian klik tombol daftar untuk mengirim pengajuan pendaftaran NPWP ke kantor pajak.
  9. Selanjutnya tinggal tunggu saja sampai kantor pajak selesai memproses pengajuan pendaftaran kamu tadi.
  10. Setelah mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap, maka kamu akan melihat status pengajuan di dashboard situs ereg.pajak.go.id.
  11. Pada halaman dashboard tersebut, kamu harus mengirim token dan klik submit.
  12. Maka konfirmasi akan dikirimkan melalui alamat email yang terdaftar.
  13. Selanjutnya salin kode token tersebut dan klik menu token untuk mendapatkan kode unik sebagai salah satu syarat untuk membuat NPWP secara online.
  14. Selanjutnya cek kembali alamat email kamu untuk melihat token yang telah dikirimkan.
  15. Jika permohonan pembuatan NPWP kamu sudah disetujui, maka berkas NPWP dan Kartu NPWP akan dikirimkan ke alamat yang telah terdaftar.
  16. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) secara online. Kemudian tinggal kamu tunggu saja sampai semua dokumen tersebut dikirimkan ke alamat kamu masing-masing.

Cara Membuat NPWP Secara Offline

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat NPWP secara offline. Seperti namanya yang berarti tidak akan menggunakan jaringan internet. Dengan kata lain, kamu harus mendatangi kantor pajak secara langsung yang terdapat di kota kalian masing-masing. Untuk mengetahuinya bisa dilihat melalui daftar dibawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyiapkan semua persyaratan terlebih dahulu. Hal ini berguna agar kamu tidak disuruh pulang oleh pihak kantor pajak untuk melengkapi semua berkas yang dibutuhkan.
  2. Setelah semua berkas tersebut sudah lengkap, kemudian tinggal kamu datangi saja kantor pajak yang berada di wilayah kalian masing-masing.
  3. Setelah sampai di kantor pajak, silahkan bilang kepada pihak penjaga bahwa kamu ingin membuat NPWP.
  4. Kemudian tinggal kamu ikuti saja semua instruksi yang diberikan oleh pihak kantor pajak tersebut.
  5. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai membuat Nomor Pokok Wajib Pajak melalui offline atau dengan mendatangi langsung kantor perpajakan. Cara ini sedikit berbeda dengan apa yang digunakan secara online, tetapi keduanya sama-sama bertujuan untuk membuat NPWP.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk bisa membuat Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu via online atau datang langsung ke kantor pajak itu sendiri. Namun sebagian besar orang lebih suka menggunakan cara online, karena lebih efisien dan tidak membuang waktu sia-sia.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Carague.info untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments